Tuesday 8 March 2016

Kabupaten Tapanuli Tengah

Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Ibukotanya Pandan mempunyai posisi sangat strategis yang terletak di Pantai Barat Sumatera Utara. Luas daratan sebesar 219.498 Ha sedangkan luas wilayah lautan ± 400.000 Ha, dengan garis pantai  ± 200 km  serta jumlah pulau yang ada sebanyak 26 pulau sehingga secara keseluruhan luas wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah ± 619.498 Ha.

Berdasarkan garis batas koordinatnya. Posisi Kabupaten Tapanuli Tengah terletak pada 01º11'00" - 02º22'00" Lintang Utara (LU) dan 98º07' - 98º12' Bujur Timur (BT) dan 0 - 1.226 m diatas permukaan laut dengan batas-batas wilayah   sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). 
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan. 
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan. 
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Nias atau secara fisik dengan Samudera Indonesia. 
Lokasi Kabupaten  Tapanull Tengah yang berada di daerah sekitar katulistiwa menyebabkan daerah ini mempunyai dua iklim/musim dalam satu tahun yaitu musim kemarau dan  musim penghujan. Musim kemarau berkisar pada  bula Januari hingga Agustus, sedangkan  penghujan dari bulan September hingga Desember. Curah hujan di Kabupaten Tapanuli Tengah termasuk tinggi. Rata-rata suhu udara  adalah 29,09 ºC maksimum 31,53 ºC, minimum 21,72 ºC, Curah hujan  4.925 mm/tahun dengan kecepatan angin rata-rata 6,7 knot, penguapan rata-rata 4,6 mm serta kelembapan udara rata-rata 84,58% .  

Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki Potensi Wisata yang sangat banyak baik itu wisata pulau, wisata pantai, wisata alam maupun wisata sejarah. Diantara potensi wisata tersebut ada yang telah dikelola pemerintah ada juga yang belum dikelola atau dikelola masyarakat sekitar.

Pengembangan potensi wisata Kabupaten Tapanuli Tengah harus terus dilakukan agar kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara terus meningkat dan dapat menambah penghasilan masyarakat di sekitar lokasi potensi wisata tersebut.

No comments:

Post a Comment