Tuesday 8 March 2016

Visi dan Misi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah

Sebagai salah satu sektor pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah, visi dan misi pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah mengacu kepada visi Kabupaten Tapanuli Tengah, yaitu : "Mewujudkan Masyarakat Tapanuli Tengah yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat". Berdasarkan telaah terhadap visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, arah kebijakan umum pemerintahan dan program strategis Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, dapat diringkaskan beberapa isu strategis utama pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah yang bisa menjadi landasan pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah. Isu-isu strategis utama pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut adalah : 
  • Peningkatan kualitas hidup masyarakat dan peningkatan kesejahteraan  
  • Pemerataan pembangunan wilayah 
  • Peningkatan daya saing Kabupaten Tapanuli Tengah 
  • Penerapan Pendekatan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
Keempat isu utama ini merupakan isu yang saling terkait dan harus dipecahkan bersama. Kualitas dan kesejahteraan masyarakat tidak cukup terjadi di beberapa tempat saja, namun harus merata di seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Peningkatan kualitas dalam segala aspek secara merata diharapkan juga akan meningkatkan produktivitas dan kualitas masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah mengembangkan dan mengelola sumberdaya yang ada. Dengan jumlah dan kualitas produksi yang tinggi diharapkan daya saing Kabupaten Tapanuli Tengah pun semakin meningkat hingga ke yang paling tinggi. Kesejahteraan yang merata diharapkan dapat berlangsung secara terus menerus dan berkelanjutan. Untuk itu, penerapan pendekatan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan harus dilakukan secara disiplin dan dengan penuh kesadaran. 
Pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah diharapkan memberi kontribusi dalam pencapaian visi pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah secara umum. Oleh karena itu, rumusan visi pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah adalah sebagai berikut :
"Terwujudnya pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah yang mengangkat harkat dan martabat, serta meningkatkan kesejahteraan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam lingkungan yang berkelanjutan."
Landasan filosofis pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapanuli Tengah antara lain karena menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapanuli Tengah mengacu pada pembangunan kepariwisataan nasional yang tetap menjunjung ciri khas bangsa Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945, maupun ketetapan MPR mengenai kesatuan dan persatuan bangsa serta etika berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapanuli Tengah merujuk pada norma-norma agama dan nilai-nilai budaya dalam setiap segi kehidupan.
Falsafah pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapanuli Tengah menyangkut hubungan kehidupan yang berkeseimbangan antara manusia dengan Tuhan, hubungan antara sesama manusia, dan hubungan antara manusia dengan lingkungan alam. Segala bentuk kegiatan kepariwisataan sejalan dengan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan spiritual, moral, dan etika. Pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah juga tidak mengenal perbedaan ras, suku, bangsa, agama, jenis kelamin, bahasa, seperti pengakuan atas prinsip dasar hak asasi manusia (HAM). Pemanfaatan lingkungan bagi pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah menerapkan keseimbangan mikro (manusia) dan makro (alam) untuk mencegah ketidakadilan, keserakahan, dan pengrusakan terhadap budaya dan alam Kabupaten Tapanuli Tengah.
Misi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah dengan demikian adalah :
  1. Menyebarluaskan implementasi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan melalui konservasi, preservasi, dan rehabilitasi sumberdaya alam dan budaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup Kabupaten Tapanuli Tengah. 
  2. Meningkatkan daya saing pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah di tingkat nasional dan internasional melalui pengelolaan daya tarik wisata dan pelayanan wisata, serta pemasaran pariwisata yang tepat sasaran oleh sumberdaya manusia Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkualitas tinggi. 
  3. Mengurangi ketimpangan pembangunan melalui penyebaran kegiatan pariwisata yang mencakup daerah-daerah yang belum maju di Kabupaten Tapanuli Tengah. 
  4. Menjalin kelembagaan kepariwisataan yang berasaskan kerja sama yang saling menguntungkan antara sektor pemerintah, swasta, dan masyarakat. 
  5. Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan masyarakat luas dan masyarakat lokal dalam pengembangan dan kegiatan pariwisata untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

No comments:

Post a Comment