Tuesday 8 March 2016

TUJUAN PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Tujuan dari pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mengintegrasikan dan menyelaraskan rencana pengembangan pariwisata dengan rencana-rencana pembangunan sektor lain di Kabupaten Tapanuli Tengah, serta dengan program-program konservasi, preservasi, dan rehabilitasi sumberdaya alam dan budaya. 
  2. Menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan diberbagai aspek pengembangan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, dengan memperhatikan daya dukung sosial, budaya, dan lingkungan, serta memantau konsistensi penerapannya di daya tarik wisata, serta fasilitas-fasilitas pendukungnya. 
  3. Meningkatkan kualitas produk wisata Kabupaten Tapanuli Tengah melalui pengelolaan daya tarik wisata dan pelayanan wisata maupun penyetaraan standar kualitas daya tarik pelayanan, dan fasilitas pariwisata, serta pemasaran pariwisata yang tepat sasaran oleh sumberdaya manusia Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkualitas tinggi. 
  4. Menyediakan promosi dan informasi yang lengkap, akurat, terkini, dan tanggap terhadap kebutuhan pasar wisatawan yang menjadi sasaran pasar Kabupaten Tapanuli Tengah. 
  5. Mengembangkan potensi-potensi pariwisata di daerah-daerah yang belum berkembang 
  6. Membuka peluang investasi dan mengefisienkan proses-proses investasi di Kabupaten Tapanuli Tengah, serta merumuskan pemberian insentif/kemudahan kepada investor yang memberikan sumbangan jangka panjang (misalnya memberikan komitmen memberdayakan masyarakat atau komitmen mengkonservasi sumberdaya tertentu) kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. 
  7. Mengedepankan proses dialog secara rutin dan berkala antara sektor pemerintahan pusat-Kabupaten, kecamatan dan lokal (objek wisata) serta dengan pihak-pihak pengusaha swasta pariwisata, dan semua pemangku kepentingan yang terkait langsung dalam pengembangan pariwisata, melalui pembentukan badan-badan koordinasi formal maupun informal yang independen. 
  8. Meningkatkan keterlibatkan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dalam pengembangan pariwisata di daerahnya, baik dalam perencanaan, pengembangan, pengelolaan, maupun pemantauan pariwisata, serta sebagai pelaku perjalanan wisata maupun sebagai pelaku usaha wisata.
Mensosialisasikan berbagai aspek dan dampak pariwisata kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengenai potensi pengembangan usaha di bidang pariwisata bagi kesejahteraan ekonomi, sosial, dan budaya, serta untuk mengurangi dampak-dampak negatif dari pengembangan pariwisata.

No comments:

Post a Comment